Filosofi Semar


Filosofi

Semar adalah salah satu karakter 'pamomong' (panutan) yang menjadi bagian penting dalam sebuah pertunjukan wayang. Tokoh sepuh (tua) ini, dalam gebyar pentas wayang bukan hanya sekedar muncul sebagai bapak atawa sesepuh dari punakawan yang terdiri dari Gareng, Petruk,dan Bagong.bentuk muka dan badannya yang spesifik, memiliki makna lebih dalam lagi, sebagaimana filosofi "Semar Bodronoyo" yang berarti mengemban sifat membangun dan melaksanakan perintah Tuhan ( Alam ) demi kesejahteraan manusia di muka bumi Semua unsur yang ikut membangun karakter seorang semar, baik itu mimik, suara, perilaku maupun busananya, mencerminkan sosoknya yang menjadi perlambang kehidupan, yang begitu sarat dengan nilai-nilai luhur.

Misalkan kuncung pada kepala Semar, bukanlah kuncung biasa. Kuncung ini melambangkan pribadi yang melayani para bendoro (majikan), yakni Pandawa Lima yang terdiri dari Puntodewo (Yudistiro),Werkudoro (Bimo), Janoko (Permadi), Nakulo dan Sadewo.
Masih soal kuncung, Semar adalah Sang Hyang Ismoyo yang turun ke dunia seperti manusia kebanyakan yang mempunyai ciri khas berkuncung seperti anak-anak namun berwajah tua, dan kalau tertawa selalu berakhir dengan nada tangis. Matanya berkaca-kaca namun mulutnya tertawa, dengan profilnya yang berdiri tapi juga jongkok, menandakan Semar tidak pernah menyuruh, namun memberikan konsekwensi atas semua nasehat-nasehatnya.Begitu juga Kelima tokoh pandhawa tadi, mewakili lima sifat dasar manusia yang hidup di alam dunia. Pandhawa harus lima. Kalau hilang satu tokoh saja bukan Pandhawa namanya. Istilahnya, kalau siji mukti limo mukti, siji mati limo mati, jadi tidak terpisahkan antara satu dengan yang lain dan harus selalu saling melengkapi. Pandawa tidak boleh mati.Sebab, bila ada salah satu tokoh Pandawa yang mati, artinya Semar sudah tidak bisa mengemban tugasnya sebagai dewa di muka bumi dengan benar.Tidak ada gunanya lagi dia berada di bumi, lebih baik kembali lagi ke khayangan .. yang berarti pula bahwa dunia manusia sudah tidak ada lagi alias telah tamat riwayatnya.

Di sisi lain, Semar juga merupakan lambang dari penjaga kedamaian dan keadilan kehidupan manusia di dunia.Domisilinya di Karang Kadempel, Karang berarti gersang dan Dempel yang berarti keteguhan hati dan jiwa menggambarkan betapa Semar memang sarat dengan nilai-nilai luhur yang seharusnya menjadi karakter manusia pada umumnya juga.Pun juga kain yang dipakainya, adalah kain Parangkusumorodjo atau sama dengan memayuhayuning bawono yang berarti perlambang keadilan dan kebenaran di muka bumi. **

Sumber** HARYANTO, pelaku dan pelestari seni tradisi (Dhalang Wayang Kulit kontemporer), Dhalang BONEX Ki Gendheng Haryanto.

Dikalangan spiritual Jawa ,Tokoh wayang Semar ternyata dipandang bukan sebagai fakta historis, tetapi lebih bersifat mitologi dan symbolis tentang Ke Esa-An
yaitu: Suatu lambang dari pengejawantahan expresi, persepsi dan pengertian tentang Illahi yang menunjukkan pada konsepsi spiritual. Pengertian ini tidak lain hanyalah suatu bukti yang kuat bahwa orang Jawa sejak jaman prasejarah adalah Relegius dan ber keTuhan-an yang Maha Esa.
Semar dalam bahasa Jawa (filosofi Jawa) disebut Badranaya
• Bebadra = Membangun sarana dari dasar

• Naya = Nayaka = Utusan mangrasul
Artinya : Mengemban sifat membangun dan melaksanakan perintah Allah demi kesejahteraan manusia

Javanologi : Semar = Haseming samar-samar
Harafiah : Sang Penuntun Makna Kehidupan
Semar tidak lelaki dan bukan perempuan, tangan kanannya keatas dan tangan kirinya kebelakang. Maknanya : "Sebagai pribadi tokoh semar hendak mengatakan simbul Sang Maha Tunggal". Sedang tangan kirinya bermakna "berserah total dan mutlak serta sekaligus simbol keilmuan yang netral namun simpatik".Domisili semar adalah sebagai lurah karangdempel / (karang = gersang) dempel =keteguhan jiwa.

Rambut semar "kuncung" (jarwadasa/pribahasa jawa kuno) maknanya hendak mengatakan : akuning sang kuncung = sebagai kepribadian pelayan. Semar sebagai pelayan mengejawantah melayani umat, tanpa pamrih, untuk melaksanakan ibadah amaliah sesuai dengan sabda Ilahi.

Semar barjalan menghadap keatas maknanya : "dalam perjalanan anak manusia perwujudannya ia memberikan teladan agar selalu memandang keatas (sang Khaliq ), yang maha pengasih serta penyayang umat".

Kain semar Parangkusumorojo: perwujudan Dewonggowantah (untuk menuntun manusia), agar memayuhayuning bawono : menegakan keadilan dan kebenaran di bumi.
Ciri sosok semar adalah

• Semar berkuncung seperti kanak kanak,namun juga berwajah sangat tu
• Semar tertawannya selalu diakhiri nada tangisan
• Semar berwajah mata menangis namun mulutnya tertawa
• Semar berprofil berdiri sekaligus jongkok

Semar tak pernah menyuruh namun memberikan konsekwensi atas nasehatnya.

Kebudayaan Jawa telah melahirkan religi dalam wujud kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa, yaitu adanya wujud tokoh wayang Semar, jauh sebelum masuknya kebudayaan Hindu, udha dan Islam di tanah Jawa. Dari tokoh Semar wayang ini akan dapat dikupas, dimengerti dan dihayati sampai dimana wujud religi yang telah dilahirkan oleh kebudayaan Jawa .
Semar (pralambang ngelmu gaib) - kasampurnaning pati.

Bojo sira arsa mardi kamardikan, ajwa samar sumingkiring dur-kamurkan Mardika artinya "merdekanya jiwa dan sukma", maksudnya dalam keadaan tidak dijajah oleh hawa nafsu dan keduniawian, agar dalam menuju kematian sempurna tak ternodai oleh dosa. Manusia jawa yang sejati dalam membersihkan iwa (ora kebanda ing kadonyan, ora samar marang bisane sirna durka murkamu) artinya : "dalam enguji budi pekerti secara sungguh-sungguh akan dapat mengendalikan dan mengarahkan hawa nafsu menjadi suatu kekuatan menuju kesempurnaan hidup".

Dalam kehidupan nyata manusia hendaknya mempunyai nilai luhur, Ing Ngarsa Sun Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani makna

Ing Ngarsa Sun Tuladha artinya Ing Ngarsa itu didepan / dimuka, Sun berasal dari kata Ingsun yang artinya saya, Tuladha berarti tauladan. Jadi makna Ing Ngarsa Sun Tuladha adalah menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan bagi orang - orang disekitarnya. Sehingga yang harus dipegang teguh oleh seseorang adalah kata suri tauladan.

Ing Madya Mangun Karsa, Ing Madya artinya di tengah-tengah, Mangun berarti membangkitan atau menggugah dan Karsa diartikan sebagai bentuk kemauan atau niat. Jadi makna dari kata itu adalah seseorang ditengah kesibukannya harus juga mampu membangkitkan atau menggugah semangat . Karena itu seseorang juga harus mampu memberikan inovasi-inovasi dilingkungannya dengan menciptakan suasana yang lebih kodusif untuk keamanan dan kenyamanan.

Demikian pula dengan kata Tut Wuri Handayani, Tut Wuri artinya mengikuti dari belakang dan handayani berati memberikan dorongan moral atau dorongan semangat. Sehingga artinya Tut Wuri Handayani ialah seseorang harus memberikan dorongan moral dan semangat kerja dari belakang. Dorongan moral ini sangat dibutuhkan oleh orang - orang disekitar kita menumbuhkan motivasi dan semangat.

Jadi secara tersirat Ing Ngarsa Sun Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani berarti figur seseorang yang baik adalah disamping menjadi suri tauladan atau panutan, tetapi juga harus mampu menggugah semangat dan memberikan dorongan moral dari belakang agar orang - orang disekitarnya dapat merasa situasi yang baik dan bersahabat . Sehingga kita dapat menjadi manusia yang bermanfaat di masyarakat.

Ditulis ulang oleh, Anang Yuniawan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syekh Siti Jenar